Manfaat Membeli Sapi Bakalan Kurus Sehat



Sapi-Sumbawa-Onggole
Penimbangan Sapi Sumbawa Onggole (SO)
Masih bingung bagaimana membeli sapi untung untuk dipelihara, agar untung maka belilah sapi kurus sehat dipasar hewan atau di bandar sapi karena tidak semahal sapi gemuk sehingga modal untuk membeli sapi bakalan bisa hemat. 

Keuntungan lainnya adalah sapi kurus biasanya merupakan sapi yang kurang terawat oleh pemiliknya, seperti kekurangan pakan atau pemberian pakan cukup tetapi tidak ada nutrisinya misalnya hanya diberi pakan rumput saja tanpa tambahan pakan yang lain.

Sapi kurus sehat seperti ini saat digemukkan dengan pakan konsentrat yang nutrisi cukup dan jumlah memadai akan cepat sekali gemuk dengan pertambahan bobot badan yang sangat bagus, istilah kerennya "Compensatory growth" nya tinggi. P

Pertumbuhan yang cepat tidak berarti selalu harus pada kondisi ternak sebelum pubertas, karena ternak dewasa pun dalam keadaan sehat namun memiliki kondisi tubuh kurus yang diakibatkan mengalami stress karena pengaruh makanan dan iklim dapat pula tumbuh dengan cepat setelah mendapatkan perbaikan pakan. Hal ini dikenal dengan istilah pertumbuhan dipercepat atau pertumbuhan kompensasi (Compensatory growth).

Kompensasi yang tinggi akan menyebabkan pakan menjadi sangat efisien sehingga biaya pakan untuk menaikkan bobot sapi setiap harinya menjadi sangat murah. Tentunya jika biaya pakan murah saat sapi dijual akan menghasilkan keuntungan yang lebih banyak.

Salah satu faktor utama penunjang keberhasilan usaha penggemukan atau peternakan sapi adalah kesehatan sapi, disamping faktor-faktor lain seperti pakan, lingkungan dan manajemen pemeliharaan.

bentuk-body-sapi-yang-cocok-untuk-digemukkan
Bentuk badan sapi bakalan yang cocok untuk di gemukkan
Selain itu peternak harus jeli memperhatikan kondisi fisik sapi tersebut sebelum membelinya, karena proses seleksi adalah start usaha peternakan yang menjadi salah satu penentu keberhasilan penggemukan sapi pedaging. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membeli sapi kurus sehat :
  1. Tingkah laku sapi memberikan gambaran tentang status kesehatan sapi, yang sehat akan menampakkan gerakan yang aktif, sikap nya sigap dan bila sapi berjalan , gerakannya tidak sempoyongan atau pincang.

  2. Sapi dengan bentuk badan panjang menyerupai persegi panjang, dilihat mulai dari belakang kaki depan hingga depan kaki belakang merupakan ciri sapi yang baik untuk digemukkan.

  3. Tulang punggung yang baik harus lurus, tidak melengkung.

  4. Sudut matanya terlihat bersih tanpa adanya kotoran dan tidak terlihat perubahan warna diselaput lendir dan kornea matanya (Pink eye).

  5. Suara nafas halus, teratur dan tidak tersengal-sengal (bisa terindikasi sakit paru-paru). Sapi yang mengalami demam tinggi akan bernafas lebih cepat. Sapi yang terserang penyakit menahun dan sudah cukup serius, frekuensi pernafasannya akan menjadi lambat dan berat.

  6. Kulit dan bulu tampak halus dan mengkilap, dimana pertumbuhan bulu merata dipermukaan tubuhnya. Frekuensi pernafasan bervariasi, tergantung dari jenis sapi dan umurnya.

  7. Tidak menyelipkan ekor mereka dengan erat di antara kaki belakang mereka, ini salah satu tanda sakit.
Ciri-sapi-yang-sedang-sakit
Ciri sapi yang sedang sakit
Jadi tips sederhana untuk menggemukkan sapi yang lebih menguntungkan jika modal terbatas adalah belilah sapi bakalan kurus tetapi sehat karena harga akan lebih murah dan bisa mendapatkan kenaikkan bobot badan yang maksimal.(A)


0 Response to "Manfaat Membeli Sapi Bakalan Kurus Sehat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel