Atasi Penyakit Gumboro pada Ayam dengan Ramuan Herbal Ini

Penyakit gumboro atau Infectious Bursal Disease (IBD) merupakan penyakit mematikan pada ayam. Pertama kali dilaporkan oleh Cosgrove pada 1962 berdasarkan kasus yang terjadi pada 1957 di Desa Gumboro-Delaware, negara bagian Amerika Serikat. Sesuai dengan nama asal daerah ditemukannya, penyakit ini dikenal juga sebagai gumboro. 

Penyakit-gumboro
Foto: Pixabay
Penyakit ini dikenal sebagai penyakit menular akut dan tidak ada obatnya. Namun, tidak perlu khawatir, ternyata penyakit ini dapat diatasi dengan ramuan obat herbal.

Apabila ada ayam yang terdapat gejala atau tanda-tanda penyakit gumboro, tindakan yang cepat harus dilakukan, yaitu dengan membuat ramuan yang terdiri atas gula merah sebanyak 100 gram, kunyit sebanyak 100 gram, dan lempuyang sebanyak 100 gram.

Campur semua bahan-bahan tersebut dan kemudian diblender dengan air. Selanjutnya, rebus  dalam 1 liter air hingga mendidih. Kemudian dinginkan dan saring semuanya, dan jadilah jamu herbal.

Jamu ini bisa dicampur dengan air bersih atau diencerkan hingga menjadi 10 liter. Berikan jamu herbal tersebut pada ayam yang terkena penyakit gumboro, dan jamu ini harus dihabiskan. Untuk besok, harus membuat ramuan yang baru lagi. Berikan jamu herbal ini selama 7 hari berturut-turut.

Jangan kaget apabila setelah pemberian jamu ini ada kematian yang meningkat pada hari ke-3 sampai ke-5. Namun, jangan khawatir, setelah itu akan menurun. Kematian akibat penyakit gumboro bisa mencapai hingga 80 persen, tetapi kalau diberikan jamu herbal ini, kematian dapat ditekan menjadi hanya sekitar 10 persen.

0 Response to "Atasi Penyakit Gumboro pada Ayam dengan Ramuan Herbal Ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel