5 Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat

Ilustrasi Herbal (Foto: Youtube/ HealingHerbsByRene)
Ada banyak tanaman herbal alami yang bisa mengobati penyakit asam urat, Namun ada 5 tanaman herbal yang bisa dijadikan obat asam urat yang mudah anda temukan di lingkungan sekitar, apa saja tanaman itu? mari kita simak dibawah ini.

1. Kulit Manggis

Manggis (Garcinia mangostana L.) adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Semenanjung Malaya dan menyebar ke Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter. Buahnya juga disebut manggis, berwarna merah keunguan ketika matang, meskipun ada pula varian yang kulitnya berwarna merah. Buah manggis dalam perdagangan dikenal sebagai "ratu buah", sebagai pasangan durian, si "raja buah". Buah ini mengandung mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Khasiat kulit manggis untuk asam urat dikarenakan kristal asam urat yang telah menumpuk dan mengkristal dalam persendian tubuh dapat dipecah-pecah menjadi bagian yang lebih kecil sehingga dapat dikeluarkan dari tubuh kita melalui urin atau kotoran. Pengeluaran zat purin yang menumpuk menjadi kristal dalam persendian ini dikarenakan adanya zat antibodi sehingga dapat disembuhkan dengan lebih cepat. Manfaat kulit manggis untuk obat asam urat juga disebabkan karena adanya zat mangostin yang dipercaya dalam menyembuhkan luka secara lebih cepat.

Cara mengolah kulit buah manggis
  • Bisa dibuat jus, langkah pertama kerok kulit buah manggis lalu simpan ke dalam blender dan tambahkan 1 gelas air serta gula secukupnya supaya tidak terlalu pahit. Setelah itu blender hingga halus lalu minum dengan rutin setiap 2 kali sehari.
  • Direbus dan dikeringkan, cara satu ini sangatlah mudah anda perlu iris kulit buah manggis secara tipis lalu jemur agar kulit manggis bertahan lama terhadap jamur. Dengan begitu, langkah pertama ambilah satu genggam kulit buah manggis yang sudah kering lalu rebus dengan segelas air dan tunggu beberapa saat sampai kulit manggis menjadi layu. Setelah itu ambil rebusan kulit manggis tadi dipakai untuk membuat jus.
  • Ditumbuk, dari cara pengolahan ini kulit buah manggis kering ditumbuk hingga menjadi serbuk yang halus. Kemudian seduh dengan air panas lalu tambahkan madu agar rasanya tidak pahit.

2. Daun Sirsak

Sirsak, nangka belanda, atau durian belanda (Annona muricata L.) adalah tumbuhan berguna yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di berbagai daerah Indonesia dikenal sebagai nangka sebrang, nangka landa (Jawa), nangka walanda, sirsak (Sunda), nangka buris, nangkelan (Madura), srikaya jawa (Bali), boh lôna (Aceh), durio ulondro (Nias), durian betawi (Minangkabau), serta jambu landa (di Lampung, "Nangko Belando" (Palembang). Penyebutan "belanda" dan variasinya menunjukkan bahwa sirsak (dari bahasa Belanda: zuurzak, berarti "kantung asam") didatangkan oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda ke Nusantara, yaitu pada abad ke-19, meskipun bukan berasal dari Eropa.

Beberapa studi juga bukti bahwa daun sirsak bisa melindungi anda dari penyakit yang berhubungan dengan asam urat, seperti asam urat. Atau jika anda sudah memiliki satu, daun sirsak bisa menyembuhkan asam urat anda. Daun sirsak ini secara luas dikenal untuk penggunaannya untuk pengobatan alternatif dan sebagai sumber alami untuk mengobati asam urat.

Selain senyawa kimia, daun sirsak juga mengandung beberapa zat yang sangat efektif untuk menyebuhkan beberapa jenis penyakit. Beberapa zat ini diantaranya adalah acetogenin, annocatalin, asam gentisic, annomuricin, caclourin dan asam linoleat. Acetogenin bahkan dapat membunuh sel sel kanker yang ada dalam tubuh.

Cara meramu daun sirsak untuk mengobati asam urat yakni sebagai berikut:
  • Ambil 6 sampai 10 helai daun sirsak yang masih dipohon, kemudian cuci hingga bersih. Pencucian dilakukan pada air yang mengalir.
  • Potong daun sirsak menjadi beberapa bagian. Tujuannya yakni agar zat yang terkandung dalam daun sirsak dapat keluar dan menyatu dengan air.
  • Rebus potongan daun sirsak tersebut pada air sebanyak sekitar 400 ml.
  • Tunggu hingga air rebusan hanya tersisa setengahnya saja. Tunggu hingga dingin dan kemudian dapat dikonsumsi setelahnya.
  • Untuk mendapatkan hasil yang optimal air rebusan ini dapat diminum rutin setiap hari.
  • Apabila tidak suka rasanya, bisa ditambahkan 2 sendok teh madu agar rasanya sedikit manis.

3. Kunyit

Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah Malaysia, Indonesia, Australia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Salah satu khasiat kunyit adalah mampu mengobati penyakit asam urat secara alami. Dimana sifat anti-inflamasi atau anti peradangan yang terdapat dalam kunyit ini memang sangat kuat dan mampu mengatasi peradangan akibat asam urat. Bukan hanya itu, ramuan kunyit ini juga mampu mengobati penyakit lain seperti hipertensii, kolesterol dan diabetes.

Cara Mengolah Kunyit Untuk Obat Asam Urat
  • Bersihkan kunyit dan cuci dengan air yang mengalir hingga bersih
  • Haluskan kunyit dengan menggunakan parutan atau blender
  • Kunyit yang telah halus di saring untuk diambil sari/airnya
  • Rebus air perasan kunyit dan tambahkan asam, gula dan garam sampai tercampur rata. Ramuan Kunyit untuk Mengobati Asam Urat
  • Jika sudah mendidih angkat dan dinginkan
  • Ramuan kunyit asem siap di konsumsi untuk mengobati asam urat
  • Konsumsi rutin 1 gelas dalam satu hari.

4. Sambiloto

Sambiloto merupakan tumbuhan berkhasiat obat berupa terna tegak yang tingginya bisa mencapai 90 sentimeter. Asalnya diduga dari Asia tropika. Penyebarannya dari India meluas ke selatan sampai di Siam, ke timur sampai semenanjung Malaya, kemudian ditemukan Jawa. Tumbuh baik di dataran rendah sampai ketinggian 700 meter dari permukaan laut. Sambiloto dapat tumbuh baik pada curah hujan 2000-3000 mm/tahun dan suhu udara 25-32 derajat Celcius. Kelembaban yang dibutuhkan termasuk sedang, yaitu 70-90% dengan penyinaran agak lama. Nama daerah untuk sambiloto antara lain: sambilata (Melayu); ampadu tanah (Sumatera Barat); sambiloto, ki pait, bidara, andiloto (Jawa Tengah); ki oray (Sunda); pepaitan (Madura), sedangkan nama asingnya Chuan xin lien (Cina).

Sambiloto juga sudah banyak dikenal sebagai tanaman obat tradisional. Walaupun tanaman ini sebenarnya berasal dari India, namun dapat tumbuh subur di Indonesia dan tidak sulit untuk menemukannya. Sambiloto juga merupakan tanaman obat asam urat yang cukup ampuh. Seluruh bagian dari tanaman sambiloto dapat digunakan sebagai obat, namun pada umumnya yang digunakan adalah daunnya.

Zat yang terkandung dalam sambiloto antara lain yaitu aldehid, keton, alkane, flavanoid, dan berbagai mineral penting seperti kalium, natrium, dan kalsium zat zat berikutlah yang ampuh atasi masalah asam urat.

Cara Mengolah Sambiloto Untuk Obat Asam Urat
  • Siapkan satu genggam daun sambiloto, lalu bersihkan dengan air yang mengalir.
  • Selanjutnya tumbuk daun sambiloto sampai halus dan tambahkan dengan ½ gelas air masak
  • Kemudian saring airnya dan diminum langsung, lakukan cara ini secara rutin sampai sembuh.

5. Jahe Merah

Jahe merah adalah salah satu jenis tanaman jahe yang dipercaya sejak lama sebagai bahan obat-obatan. Jahe merah memiliki karakteristik rasa yang lebih pedas dibandingkan jenis jahe putih atau jahe gajah. Di India dan China jahe merah digunakan sebagai bahan obat-obatan karena mengandung bahan fitokimia yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Salah satu persoalan kesehatan yang bisa Anda selesaikan dengan menggunakan Jahe Merah adalah asam urat. Jahe Merah memiliki khasiat khusus untuk mengobati penyakit asam urat yang kerap menghantui kehidupan Anda. Anda perlu mengetahui manfaat luar biasa dari Jahe Merah ini sehingga Anda dapat menyelesaikan permasalahan asam urat Anda dengan cara yang hemat dan aman. Penggunaan Jahe Merah sebagai obat dinilai aman karena Jahe Merah merupakan salah satu obat herbal yang tidak memiliki efek samping terlalu besar untuk tubuh Anda.

Cara Mengolah Jahe Merah Untuk Obat Asam Urat

– Bahan yang perlu di siapkan: Jahe Merah, madulemon dan air.
– Cara pengolahan:
  • Kupas Jahe Merah, lalu cuci bersih. Setelah itu, iris sesuai selera dan sisihkan.
  • Parut buah lemon dan sisihkan.
  • Didihkan air dan masukan Jahe Merah dan parutan lemon dan biarkan selama 5 menit.
  • Setelah itu, saring dan acmnpurkan dengan madu. Tambahkan pula sedikit perasan air lemon ke dalamnya.
  • Aduk sampaimerata dan biarkan hingga dingin. Simpan dalam botol. Sehingga sirup obat alami batuk tersebut dapat di gunakan.

Itulah 5 tanaman herbal yang bisa dijadikan obat asam urat yang bisa kami sampaikan, Semoga bermanfaat dan semoga masalah asam urat yang sedang anda derita, cepat sembuh.


0 Response to "5 Tanaman Herbal yang Bisa Dijadikan Obat Asam Urat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel